LAMPIRAN
KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS TANAH BARU
NOMOR :
445/0099/KPTS/TB/II/2022
TANGGAL :
28 Februari 2022
STANDAR PELAYANAN PROGRAM TB PARU
No |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN PELAYANAN |
||
Persyaratan Pelayanan |
1. Pasien Kunjungan Baru a.
Membawa
KTP/KK,Kartu KIS(BPJS) b.
Membawa
Hasil Laboratorium TCM (TB 05),Hasil Thorax Foto atau rujukan dari DPM/FKTP
swasta 2. Pasien Kunjungan Pasien Lama a.
Membawa
KTP/KK,Kartu KIS(BPJS),TB 02 |
|
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pasien Kunjungan Kasus Baru 1.
Pasien ke ruang pendaftaran; 2.
Pasien menunggu di ruang tunggu pelayanan TB Paru ; 3.
Petugas melakukan pemeriksaan BB,Tb dan Tekanan darah di Ruang
TB; 4.
Petugas menginput data hasil TCM dan hasil foto rontgen untuk
pendaftaran pasien baru TBC di apliksasi SITB dan mengisi TB 01 .TB 02,TB 03 dan
Identifikasi kontak; 5.
Petugas memberikan rujukan internal untuk ke pelayanan TB-HIV
untuk pasien positif TBC ; 6.
Petugas memberikan penjelasan tentang Dosis OAT sesuai
katagori Pengobatan OAT, kepatuhan minum obat dan penyuluhan perawatan TBC di
rumah ; 7.
Petugas memberikan kartu TB 02 untuk jadwal kunjungan
ulang pengambilan OAT ;; 8.
Petugas selesai melaksanakan pelayanan dan pasien pulang Pasien Kunjungan Kasus Lama 1. Pasien ke ruang pendaftaran; 2. Pasien
menunggu di ruang pelayanan TB Paru; 3.
Petugas melakukan pemeriksaan BB ,TB,Tekanan darah; 4. Petugas
menginfut data TB 01 dan TB 02 di
aplikasi SITB; 5.
Petugas memberikan OAT sesuai katagori Pengobatan OAT dan kepatuhan minum obat; 6.
Petugas memberkikan kartu TB 02 untuk kunjungan ulang pengambilan OAT; 7
Petugas selesai melakukan pelayanan dan pasien pulang |
|
3. |
Jangka Waktu Pelayanan |
Jadwal Layanan TB : Rabu : 07.30 – selesai Jangka waktu pelayanan 30-60 menit |
4. |
Biaya/tarif |
Tidak
di di kenakan biaya untuk pengobatan TBC |
5. |
Produk Pelayanan |
Pelayanan Pemeriksaan Ruang TB PMK no 67 tahun
2016 tentang Penanggulangan Tuberkulosis Peraturan Presiden no 67 tahun 2021 Tentang penanggulangan
Tuberculosis |
6. |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Ma?ukan |
1) Pengaduan saran dan masukan dapat
disampaikan secara tertulis melalui kotak saran
yang terdapat didepan taman Toga puskesmas. 2) Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung
via media social ·
Facebook : Puskesmas Tanah Baru ·
Instagram :pkmtanahbaru ·
Telepon : (021) 78520052 ·
Call Center : 085776960009 ·
Email :puskesmastanahbaru3@gmail.com ·
SIGAP : Sigap.depok.go.id ·
S4PN : www. Lapor.go.id ·Web : https://pkmtanahbaru.depok.go.id |