Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Tanah Baru
Puskesmas
  • Puskesmas Tanah Baru
2022-08-20 13:37:01

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN

LAMPIRAN KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS TANAH BARU

NOMOR         : 445/0099/KPTS/TB/II/2022

TANGGAL     : 28 Februari 2022

 

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN

 

No

KOMPONEN

URAIAN

PENYAMPAIAN PELAYANAN

1

Persyaratan pelayanan

 Pasien Baru :

  1. Membawa Foto copy KTP/KK/KIA
  2. Membawa Kartu BPJS (Untuk pasien BPJS)

Pasien Lama :

  1. Membawa Kartu Berobat
  2. Membawa Kartu BPJS/KTP untuk pasien BPJS

Untuk Pasien KIA : Membawa buku KIA.

2

Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan

Mendaftar Secara Langsung :

1.    Pasien mengambil nomor antrian yang sudah disiapkan oleh petugas pendaftaran sesuai dengan ruang pemeriksaan  yang dituju;

2.    Pasien dilakukan screening kesehatan untuk pelayanan dengan gejala demam, batuk pilek diarahkan menunggu di ruang tunggu khusus;

3.    Pasien menunggu panggilan sesuai nomor antrian di pendaftaran;

4.    Pasien dipanggil di pendaftaran :

a.    Petugas menanyakan kepada pasien apakah sudah pernah berobat atau belum

b.    Jika pasien belum pernah berobat maka petugas pendaftaran meminta pasien untuk memperlihatkan kartu identitasnya seperti KTP/KK/KIA

c.    Petugas menanyakan kepada pasien apakah memiliki kartu BPJS

d.    Jika pasien memiliki kartu BPJS maka pasien diminta untuk memperlihatkan nomor kartu kepada petugas pendaftaran dan petugas pendaftaran melengkapi identitas pasien serta melakukan autentifikasi.

e.    Apabila pasien yang berobat merupakan pasien lama maka petugas pendaftaran meminta pasien untuk memperlihatkan Kartu Identitas Berobat (KIB) atau kartu BPJS. Jika pasien tidak memiliki kartu BPJS maka pasien dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp.2000

f.     Bagi pasien yang tidak membawa KIB, maka pasien diminta menunjukkan kartu BPJS atau KTP.

g.    Petugas pendaftaran menanyakan keperluan pasien dan mendaftarkan pasien sesuai dengan ruang pemeriksaan yang dituju.

h.    Pasien diarahkan ke ruang tunggu untuk menunggu dilakukan pemeriksaan.

 

Mendaftar Secara Tidak Langsung (Online) :

1.    Pasien harus memiliki aplikasi Depok Single Window (DSW) atau membuka browser https://dsw.depok.go.id/account/login untuk melakukan pendaftaran online;

2.    Pasien memilih fitur kesehatan pada aplikasi DSW;

3.    Pasien memilih layanan puskesmas yang akan dituju dan pilih icon daftar online;

4.    Kemudian pasien memasukkan NIK/Nomor BPJS dan melakukan konfirmasi data yang telah dimasukkan;

5.    Pasien memilik icon klik daftar pasien baru;

6.    Memilih icon kecamatan tempat tinggal/domisili;

7.    Pasien memilih hari kunjungan dan puskesmas tujuan;

8.    Pasien memilih ruang pemeriksaan dan waktu layanan dan mendapatkan konfirmasi kuota pendaftaran;

9.    Pasien mendapatkan nomor antrian;

10. Pasien datang ke puskesmas sesuai dengan hari yang dipilih untuk mendapatkan pelayanan.

 

Flowchat Pasien Daftar Langsung

Oval: Pasien datang
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Flowchat Pasien Online

 

 

Pasien terdaftar dan mendapatkan nomor antrian

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3

Jangka waktu pelayanan

Jam Pelayanan Pendaftaran Pagi :

1.      Senin-Kamis : 07.00-11.00 WIB

2.      Jum’at-Sabtu : 07.00-10.00 WIB

 

Pendaftaran Pasien Lama : 4 menit

Pendaftaran Pasien Baru : 5-10 menit

4

Biaya/tarif

Gratis untuk pasien peserta BPJS dengan FKTP Tk 1 UPTD Puskesmas Tanah Baru

 

Rp 2.000; untuk pasien umum

5

Produk pelayanan

Pasien terdaftar untuk mendapatkan pelayanan

6

Penanganan, pengaduan, saran dan masukan

Pengaduan saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui kotak saran yang terdapat didepan taman Toga puskesmas.

2)  Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via media social

 

·         Facebook : Puskesmas Tanah Baru

·         Instagram :pkmtanahbaru

·      Telepon  : (021) 78520052

·      Call Center : 085776960009

·      Email :puskesmastanahbaru3@gmail.com

·      SIGAP  : Sigap.depok.go.id

·      S4PN : www. Lapor.go.id

·Web : https://pkmtanahbaru.depok.go.id

 

Download File