Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Tanah Baru
Puskesmas
  • Puskesmas Tanah Baru
2022-08-20 14:01:09

STANDAR PELAYANAN KESEHATAN JIWA

LAMPIRAN KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS TANAH BARU

NOMOR         : 445/0099/KPTS/TB/II/2022

TANGGAL     : 28 Februari 2022

 

STANDAR PELAYANAN PROGRAM KESEHATAN JIWA

 

No

Komponen

Uraian

PENYAMPAIAN PELAYANAN

1.

Persyaratan Pelayanan

Kartu Identitas Pasien

Tersedia Rekam Medis Pasien

 

2.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

 

1.    Kader/Warga/Keluarga pasien melapor kepada petugs puskesmas jika ada warga yanng terindikasi gangguan jiwa;

2.    Pasien yang sudah terkontrol berobat langsung ke puskesmas;

3.    Petugas melakukan skrining pada pasien dan pengantar, bila terdapat gejala terduga Covid-19, petugas mengarahkan pasien ke ruang infeksius;

4.    Bila tidak ada gejala covid-19, petugas mengarahkan pasien ke ruang pendaftaran.

5.    Petugas pendaftaran mendaftarkan pasien dan mengantarkan RM pasien ke ruang  pemeriksaan umum.

6.    Perawat menerima rekam medis pasien dan memastikan identitas pasien dengan identitas yang tertulis di rekam medis sesuai.

7.    Perawat melakukan pengkajian awal dan pemeriksaan ttv.

8.    Dokter melakukan anamnesis,  menanyakan keluhan utama pasien kepada pasien/pengantar dan mencatatnya pada rekam medis.

9.    Dokter mengelompokkan keluhan ke dalam keluhan fisik murni, keluhan fisik disertai keluhan mental emosional atau fisik ganda, keluhan psiko-somatik, atau keluhan mental-emosional.

10.  Dokter menetapkan diagnosis baik fisik maupun mental serta mencantumkan kode diagnosis.

11.  Dokter bisa merujuk kasus jiwa yang tidak dapat ditangani FKTP ke Sp. KJ atau FKRTL/RS

12.  Dokter menulis resep obat untuk pasien keswa yang kontrol rutin di rekam medis dan kertas resep yang diberikan kepada pasien/pengantar.

13.  Dokter memberikan edukasi kepada pasien dan pengantar tentang penyakit dan tata laksana di rumah serta pesan untuk datang kembali.

 

3.

Jangka waktu pelayanan

15 – 30 menit per orang

 

4.

Biaya/tarif

BPJS : Gratis

Umum : Rp. 2000,-

Sesuai Perwal Kota Depok

 

5.

Produk pelayanan

Pasien dengan gangguan jiwa mendapatkan obat dan keluarga pasien mendapatkan konseling sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh petugas yang kompeten.

 

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

1)  Pengaduan saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui kotak saran yang terdapat didepan taman Toga puskesmas.

2)  Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung via media social

 

·      Facebook : Puskesmas Tanah Baru

·      Instagram :pkmtanahbaru

·      Telepon  : (021) 78520052

·      Call Center : 085776960009

·      Email :puskesmastanahbaru3@gmail.com

·      SIGAP  : Sigap.depok.go.id

·      S4PN : www. Lapor.go.id

·Web : https://pkmtanahbaru.depok.go.id

 

Download File