LAMPIRAN
KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS TANAH BARU
NOMOR :
445/0099/KPTS/TB/II/2022
TANGGAL :
28 Februari 2022
STANDAR
PELAYANAN HIV IMS
No |
KOMPONEN |
URAIAN |
PENYAMPAIAN PELAYANAN |
||
Persyaratan
Pelayanan |
1. Pasien Kunjungan Baru a. Membawa KTP/KK,Kartu KIS(BPJS) 2. Pasien Kunjungan Pasien Lama a. Membawa KTP/KK,Kartu KIS(BPJS) |
|
2 |
Sistem,
Mekanisme dan Prosedur |
Pasien Kunjungan Kasus
Baru 1.
Pasien ke ruang
pendaftaran 2.
Pasien menunggu di
ruang tunggu pelayanan 3.
Petugas melakukan
pemeriksaan BB,Tb dan Tekanan darah 4.
Petugas
melakukan konseling HIV dan IMS, TB 5.
Petugas
memberikan rujukan internal, form konseling ke laboratorium untuk tes HIV,
IMS 6.
Petugas
membuka hasil lab merujuk ke dokter VCT untuk tindak lanjut rujukan ke rumah
sakit bila ada yang reaktif 7.
Petugas
memberikan edukasi kepatuhan minum obat ARV atau obat IMS 8.
Petugas selesai
melaksanakan pelayanan dan pasien pulang Pasien Kunjungan Kasus
Lama 1.
Pasien ke ruang pendaftaran 2. Pasien menunggu di ruang
pelayanan konseling 3.
Petugas melakukan konseling VCT, HIV dan IMS 4. Petugas memberikan rujukan internal, form
konseling ke laboratorium untuk tes HIV, IMS 5. Petugas membuka hasil lab merujuk ke dokter
VCT untuk tindak lanjut rujukan ke rumah sakit bila ada yang reaktif 6.
Petugas
memberikan edukasi kepatuhan minum obat ARV atau obat IMS 7.
Petugas selesai
melaksanakan pelayanan dan pasien pulang |
3. |
Jangka
Waktu Pelayanan |
Respon time di Pelayanan VCT : 60 menit |
4. |
Biaya/tarif |
Tidak
di kenakan biaya untuk pengobatan IMS dan tes VCT |
5. |
Produk
Pelayanan |
Pelayanan Pemeriksaan Ruang VCT PMK no 67 tahun 2016 tentang Penanggulangan HIV Peraturan Presiden no 67 tahun 2021 Tentang penanggulangan HIV |
6. |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Ma?ukan |
1) Pengaduan saran dan masukan dapat
disampaikan secara tertulis melalui kotak saran yang terdapat didepan
taman Toga puskesmas. 2) Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan
langsung via media social · Facebook : Puskesmas Tanah Baru · Instagram :pkmtanahbaru · Telepon : (021)
78520052 · Call Center : 085776960009 · Email :puskesmastanahbaru3@gmail.com · SIGAP : Sigap.depok.go.id · S4PN : www. Lapor.go.id ·Web
: https://pkmtanahbaru.depok.go.id |