Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Tanah Baru
Puskesmas
  • Puskesmas Tanah Baru
2022-05-19 10:26:39

Hari Hipertensi Sedunia

Tahukah Kamu?????? 

 

Setiap Tanggal 17 Mei diperingati Sebagai Hari Hipertensi Sedunia. Adanya Hari peringatan ini diharapkan agar kita semua semakin peduli dan sadar akan perlunya pengendalian Hipertensi dan Faktor Risikonya. 

 

Klasifikasi Hipertensi Menurut JNC – VII 2003

 

Kategori

TDS (mmHg)

 

TDD (mmHg)

Normal

< 120

dan

< 80

Pra-Hipertensi

120 – 139

atau

80 – 89

Hipertensi Tingkat 1

140 – 159

atau

90 – 99

Hipertensi Tingkat 2

>160

atau

>100

Hipertensi Sistolik Terisolaso > 140 dan  < 90

 

Berdasarkan penyebabnya, hipertensi dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu :

·       Hipertensi Essensial atau hipertensi primer yang tidak diketahui penyebabnya (90%);

·       Hipertensi Sekunder Penyebabnya dapat ditentukan (10%), antara lain kelainan pembuluh darah ginjal, gangguan kelenjar tiroid (hipertiroid), penyakit kelenjar adrenal (hiperaldosteronisme) dll.

 

Untuk menegakkan diagnosis hipertensi dilakukan pengukuran darah minimal 2 kali dengan jarak 1 minggu.

Hipertensi sering juga disebut sebagai “silent Killer” karena sering tanpa keluhan. Data WHO tahun 2011 menunjukkan satu milyar orang di dunia menderita Hipertensi, 2/3 diantaranya berada di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang. Prevalensi Hipertensi akan terus meningkat tajam dan diprediksi pada tahun 2025 sebanyak 29% orang dewasa di seluruh dunia terkena Hipertensi. Hipertensi telah mengakibatkan kematian sekitar 8 juta orang setiap tahun, dimana 1,5 juta kematian terjadi di Asia Tenggara yang 1/3 populasinya menderita Hipertensi sehingga dapat menyebabkan peningkatan beban biaya kesehatan. Hipertensi yang tidak mendapat penanganan yang baik menyebabkan komplikasi seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Diabetes, Gagal Ginjal dan Kebutaan. Stroke (51%) dan Penyakit Jantung Koroner (45%) merupakan penyebab kematian tertinggi. Menurut data Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014, Hipertensi dengan komplikasi (5,3%) merupakan penyebab kematian nomor 5 (lima) pada semua umur.

 

Oleh karena itu yukss bersama-sama kita terapkan Perilaku Hidup CERDIK sebagai upaya pengendalian faktor risiko Hipertensi. 

 

·       Cek kesehatan secara berkala

·       Enyahkan asap rokok

·       Rajin aktivitas fisik

·       Diet seimbang

·       Istirahat cukup

·       Kelola stres

 

 

Download File