Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Tanah Baru
Puskesmas
  • Puskesmas Tanah Baru
  • Kesehatan
2022-03-02 16:24:29

Validasi Balita Stunting dan Wasting di RW 3 Kelurahan Kukusan (2 Maret 2022)

  • 2 Maret 2022, Kegiatan Program Gizi UPTD Puskesmas Tanah Baru.
            Dilakukan validasi stunting pada anak Balita di RW 03 Kelurahan Kukusan.  Validasi  dilakukan pada 13 anak, validasi ini untuk mengukur ulang kembali berat badan dan tinggi badan anak. Setelah dilakukan validasi didapatkan hasil beberapa anak terdapat kesalahan dalam penulisan berat badan, dan terdapat 2 anak dengan stunting. 

            Kegiatan Gizi yang ke dua hari ini adalah Pemberian Taburia, Taburia adalah bubuk multivitamin dan multimineral untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral setiap anak balita. Kekurangan gizi masih menjadi masalah serius masyarakat Indonesia terutama anak-anak dan balita. Kementerian Kesehatan membuat terobosan suplemen Taburia, yakni serbuk yang mengandung vitamin dan mineral yang cara pakainya tinggal ditaburkan ke atas makanan.

              Suplemen Taburia berupa serbuk tabur yang mengandung 12 vitamin dan 4 mineral penting yakni yodium, selenium, seng dan zat besi. Seluruhnya merupakan nutrisi pokok yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak yang berusia antara 6-24 bulan. Penggunaannya cukup mudah, tinggal ditaburkan ke dalam makanan yang siap dikonsumsi. Selain harus segera disantap sampai habis, Taburia sebaiknya tidak dicampur dengan makanan panas karena lemak yang menyelubungi zat besi bisa rusak sehingga memicu rasa tidak enak.

              Pemberian Taburia kepada anak underweight selama 4 bulan dan di berikan 2 hari sekali 1 sachet. Untuk warga kelurahan Tanah Baru dan Kukusan ingin konsultasi masalah gizi anak dapat berkonsultasi dengan petugas gizi UPTD Puskesmas Tanah Baru.

Download File